happy sunday

happy sunday

Kamis, 04 November 2010

Lomba Akustik Jepang Memukau
Rabu, 03 November 2010 17:21
MALANG - Budaya Jepang tampaknya sudah menjadi budaya populer bagi generasi muda tanah air saat ini. Tak heran bila segala sesuatu berbau Jepang selalu menyita perhatian. Bukan hanya komik atau kartun dan animasi asal Negeri Matahari Terbit saja yang selama ini digandrungi masyarakat Indonesia sejak dua dekade silam, musik khas ala negeri olahraga Sumo itu sekarang sudah mewabah di kalangan anak muda.
Seperti terlihat di Door Lob SMAN 8 Malang kemarin. Area tersebut tampak penuh disesaki penonton yang mayoritas siswa-siswi sekolah berjuluk Smarihasta tersebut. Mereka memadati tempat tersebut untuk menyaksikan penampilan beberapa grup musik yang membawakan lagu-lagu berbahasa Jepang dengan iringan irama akustik.
Para penonton tampak terhanyut dengan buaian musik yang easy listening itu. Tak jarang dari mereka ikut menyanyikan lagu macam Summer Song yang beken dipopulerkan oleh Yui atau Hitomino Jyunin karya L-Arc en Ciel yang dibawakan oleh para peserta. Sebanyak lima peserta yang masing-masing beranggotakan enam orang tampil bergantian di atas pentas.
Kegiatan tersebut merupakan salah satu rangkaian acara yang dilombakan di Language Festival 2010-2011 yang digelar di SMAN 8 Malang mulai 2-3 November yang didukung Malang Post. Sebanyak lima kelompok dari lima sekolah berbeda ambil bagian pada lomba Akustik Jepang untuk pelajar tingkat SMA, SMK dan MA se-Malang Raya itu.
Salah satu peserta yang berpartisipasi adalah perwakilan dari SMKN 8 Malang. Penampilan kelompok musik beranggotakan lima pelajar putra dan satu pelajar putri itu cukup memikat hati dewan juri dan segenap penonton. Lagu Blue Bird dari Ikimono Gakari dan tembang Hitomino Jyunin dari L-Arc en Ciel dibawakan dengan apik sehingga sukses mengantar mereka tampil sebagai juara pertama.
Rasa bangga dilontarkan oleh salah seorang personel mereka, Elva Nirmala Rodian. “Acara ini bagus sekali untuk menambah wawasan pelajar tentang bahasa asing. Bahasa Jepang mengalami perkembangan pesat di Indonesia. Budaya musiknya juga tak kalah populer di Kota Malang. Kemenangan ini bakal menjadi motivasi kami untuk terus membuat simfoni  yang indah, tidak hanya dalam Bahasa Jepang tapi juga dalam berbagai bahasa dunia,” ungkap gadis yang didapuk sebagai vokalis ini.
Senada dengan yang disampaikan Elva, tanggapan juga disampaikan oleh Ketua Panitia Language Festival 2010-2011, Laily Fandia. “Kami mengadakan lomba ini karena memang melihat fenomena Bahasa Jepang yang sudah marak dipelajari oleh generasi muda di Malang. Pecinta musik Jepang di Malang juga tak kalah banyak. Hasilnya, penyelenggaraan pun berjalan semarak,” tuturnya kepada Malang Post.
Selain lomba Akustik Jepang, berberapa lomba lain juga sukses digelar di ajang Language Festival tersebut. Seluruh lomba juga sudah mendapatkan pemenang. Beberapa di antaranya yaitu, Drama Musikal Bahasa Inggris yang berhasil dimenangkan oleh MAN 3 Malang, Drama Bahasa Jerman dimenangkan SMKN 8 Malang serta SMPN 4 Malang menjadi yang terbaik di lomba Drama Modern Bahasa Indonesia. (tom/lim)
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar