happy sunday

happy sunday

Kamis, 04 November 2010

MENGATASI RADANG TENGGOROKAN DI MUSIM PANCAROBA
Sabtu, 16 Oktober 2010 13:41
Beberapa dari kita tentu pernah mengalami nyeri tenggorokan yang super hebat, sehingga menelan sesuap nasi rasanya susah banget. Nyeri seperti ini tentu sangat sangat menjengkelkan, apalagi di depan kita tersedia makanan kesukaan kita yang lezat dan harum. Alangkah tersiksa rasanya. Sakit di tenggorokan saat sedang menelan ini adalah pertanda daya tahan tubuh sedang turun. Ini bisa dialami oleh siapa saja.
GEJALA
Gejala utama adalah rasa sakit, pedih, panas dan kering pada tenggorokan. Terkadang penderita Radang Tenggorokan juga disertai dengan gejala flu yang lain, seperti: demam, sakit kepala, pilek dan batuk.
PENYEBAB
Sekitar 80 persen sakit tenggorokan disebabkan virus yang menyerang di kala tubuh sedang letih atau tak prima. Tak hanya itu, kebiasaan yang tak sehat juga dapat memicu timbulnya iritasi pada tenggorokan, misalnya merokok. Selain itu, zat pemicu radang, seperti: debu, polusi udara dan bulu hewan, juga bisa menyebabkan Radang Tenggorokan. Selain karena virus, sakit tenggorokan juga bisa disebabkan oleh bakteri Streptococcus. Biasanya ini akan menimbulkan gejala nyeri yang hebat bilamana kita sedang makan. Gejala lainnya, terlihat bintik putih disertai pembesaran pada kelenjar amandel.
PENGOBATAN
Pada penderita Radang Tenggorokan yang disebabkan oleh virus, akan sembuh sendiri dalam beberapa hari. Pasien hanya diberikan obat penghilang gejala (obat simptomatik) untuk mengurangi penderitaannya karena kesakitan menelan dan gejala flu yang lain. Sebaliknya, bila Radang Tenggorokan disebabkan oleh bakteri, baru diperlukan Antibiotika untuk membunuh bakteri jahat tersebut.
Selain dengan pemberian obat kimia, bisa diberikan Pengobatan yang alami, yaitu dengan pengobatan Herbal dan Akupresur, yang berguna untuk meringankan peradangan, sekaligus meningkatkan daya tahan tubuh.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar