happy sunday

happy sunday

Kamis, 04 November 2010

Suki Hangat Menyehatkan
Jumat, 22 Oktober 2010 13:31
Mau makan enak tetapi tetap sehat? Kalau iya, maka menu-menu suki menjadi pilihan yang tepat. Menu khas negara-negara di Asia Timur ini memang diakui sebagai menu yang sangat sehat. Selain meminimalisir penggunaan minyak, suki terbuat dari bahan-bahan bebas lemak.
Resto Manager X.O Suki, Andi Chandra Wijaya mengatakan, menu suki adalah menu yang sangat meyehatkan karena pemasakannya mengandalkan cara perebusan. Beraneka ragam susi dimasukkan ke dalam pan (pot/panci) yang berisi kuah sup, setelah itu langsung dinikmati hangat.
”Menu suki sangat tepat dikonsumsi untuk siapapun yang peduli dengan kesehatan. Selain tidak menggunakan banyak minyak, bahan suki yang digunakan juga bebas lemak. Justru kandungan proteinnya sangat tinggi,” papar Andi pada Malang Post, kemarin siang.
Menu suki juga bukan masakan yang ribet dalam pembuatannya. Pasalnya bahan-bahan yang dibutuhkan mudah didapatkan di supermarket, seperti daging sapi, daging ikan, seafood dan sayur-sayuran, serta proses pemasakannya yang hanya memasukkan ke dalam kuah sup. Menurut Asisten Sifu (koki) X.O Suki, Gasianto, yang sedikit menyulitkan hanya saat pembuatan kuah sup ayam saja.
”Untuk pembuatan kuah sup ayam memerlukan waktu yang sedikit panjang karena harus mengambil saripati dari ayam. Butuh waktu berjam-jam untuk merebus ayam. Tetapi untuk perebusan suki sendiri hanya membutuhkan waktu total 10 menit. Itu pun bisa dilakukan di atas meja makan,” terangnya.
Selain kuah sup ayam, suki juga bisa dinikmati dengan kuah sup tom yam. Kedua jenis kuah sup ini memiliki karakter yang berbeda. Jika sup ayam memiliki rasa gurih, sup tom yam memiliki cita rasa asam dan sedikit pedas.
”Proses pembuatan sup tom yam juga lebih mudah karena bumbu-bumbunya sudah tersedia dalam bentuk pasta (jadi) di supermarket. Tinggal mencampurkan dengan air, sudah bisa digunakan untuk menikmati aneka suki,” pungkas Gasianto. (nda/han)

Resep Suki ala X.O Suki MX Mall
Sumber: Gasianto (Asisten Sifu/Koki X.O Suki MX Mall)

Suki Burung Seafood

Bahan:
Cumi Sotong        250 gram
Udang    size 25        4 ekor
Crabstik        1 potong
Wijen Hitam         8 biji

Cara Membuat:
1.    Bersihkan cumi sotong lalu iris hingga berbentuk lembaran.
2.    Kupas kulit udang, namun sisakan bagian ekornya, bersihkan. Belah separuh badan udang dan tidak sampai putus.
3.    Iris tipis crabstik menjadi delapan lembar, sisihkan.
4.    Masukkan udang yang sudah dibersihkan ke dalam lembaran cumi sotong. Atur bentuknya hingga menyerupai burung.
5.    Untuk memperjelas penampilannya, tambahkan wijen hitam di bagian mata burung, lalu di bagian samping badannya tambahkan lembaran crabstik.
6.    Suki Burung Seafood siap direbus bersama sup ayam atau sup tom yam.


Suki Sapi Gulung Udang

Bahan:
Sapi Slice        4 lembar
Udang size 25        4 ekor
Daging Ikan Tengiri     200 gram

Cara Membuat:
1.    Kupas kulit udang dan sisakan bagian ekornya, lalu bersihkan.
2.    Giling daging ikan tengiri lalu bagi menjadi empat.
3.    Beber sapi slice, masukkan udang dengan posisi ekor berada di luar, lalu masukkan juga gilingan daging ikan tengiri. Gulung rapat dan simpan di lemari es.
4.    Setelah dingin, Suki Sapi Gulung Udang siap direbus dengan sup ayam atau sup tom yam.


Suki Tofu Isi Sotong

Bahan:
Tofu             4 kotak
Cumi Sotong        250 gram
Crabstik        1 potong
Wijen Hitam        8 biji

Cara Membuat:
1.    Goreng tofu sebentar saja, lalu belah di bagian tengah secara membujur. Saat  membelah jangan sampai putus, sisihkan.
2.    Giling daging sotong, bagi empat bagian.
3.    Masing-masing bagian masukkan pada belahan tofu yang sudah digoreng.
4.    Sebagai pemanis, tambahkan wijen hitam untuk bagian mata dan irisan memanjang crabstik sebagai mulut.
5.    Simpan di lemari es, dan jika sudah dingin, bisa disajikan dengan kuah sup ayam atau kuah sup tom yam sesuai selera.

Wadah Biru Muda atau Putih? Sesuai Isi Kantong Anda
Mendengar nama X.O Suki mungkin masih terasa asing di telinga pecinta kuliner Malang. Namun jika sering berwisata kuliner di Jakarta atau Surabaya, nama resto ini tentunya sudah tidak asing lagi.
X.O Suki merupakan resto yang khusus menyajikan menu-menu suki. Di Malang, X.O Suki hadir di MX Mall sejak 8 Agustus lalu. Total sebanyak 80 jenis suki yang disajikan di resto untuk segmen menengah ke atas ini dengan range harga mulai Rp 9.800 hingga Rp 26.800.
“Untuk membedakan harga masing-masing suki, kami menyediakan tray suki dengan tujuh warna. Range harga yang paling bawah kami tempatkan pada biru muda. Sedangkan untuk yang paling spesial kami tawarkan pada piring bulat berwarna putih,” beber Resto Manager X.O Suki, Andi Chandra Wijaya.
Meski di Malang sudah ada resto suki, X.O Suki tidak gentar menghadapi persaingan. Sebab resto yang sudah memiliki belasan cabang di Jakarta, Surabaya dan Medan ini memiliki keunggulan tersendiri. Selain kualitas pemilihan bahan dan penyimpanannya yang diperhatikan, yang membuat suki di X.O Suki istimewa adalah penyajiannya yang sangat cantik.
“Salah satunya seperti Suki Burung Seafood yang kami buat dari daging sotong dan dibentuk menyerupai burung. Bentuk-bentuk yang indah ini menarik pengunjung dan membangkitkan selera makan,” lanjutnya.
Penyajian suki satu persatu ini jugalah yang membedakannya dengan steamboat. Meski sama-sama menggunakan pan (pot/panci), tetapi sesungguhnya menu suki dan steamboat berbeda. Kalau steamboat, pembeliannya langsung satu paket. Pengunjung tidak bisa memilih isiannya karena sudah jadi satu. Sedangkan untuk suki, pemilihan jenisnya sesuai dengan selera pengunjung.
“Kalau lebih suka kepiting, mereka bisa memilih suki yang terbuat dari kepiting. Kalau lebih suka daging sapi, pilih yang daging sapi, begitu seterusnya. Tidak seperti steamboat yang semuanya jadi satu paket,” terang pria yang pernah tinggal di Amsterdam Belanda tersebut. (nda/han)

2 komentar:

  1. boleh minta no pak gasianto nya mas......sy andree..805717294731.sy mau resto suki di kemang,,tp tdk punya kenalan chef suki,,,ada rekomend mas...trm ksh

    BalasHapus
  2. Tulisannya ga jelas krn wrnanya biru , bikin sakit mata,

    BalasHapus